Krakatau 2

Press Release
Departemen Hubungan Masyarakat FORKOMMI-UGM 29 April 2018


Alhamdulillah, telah terlaksana satu agenda besar FORKOMMI-UGM yaitu Kreasi Kito Anak Rantau (KRAKATAU), tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaannya. Krakatau sendiri merupakan salah satu program kerja dari departemen minat dan bakat FORKOMMI-UGM. Pada tahun ini Krakatau menyuguhkan perlombaan olahraga internal (voli, badminton, PES 2017, domino dan karaoke) dan eksternal (Futsal untuk Paguyuban Minang se Yogyakarta-Jawa Tengah dan Organisasi Mahasiswa UGM) serta Lomba cipta esai dan puisi tingkat nasional.
Rangkaian persiapan Krakatau dilaksanakan sejak tanggal 5 Desember 2017, yaitu pemilihan calon ketua Krakatau. yang menjadikan Rakha Gurand sebagai ketua terpilih. Pada Desember ini pula dibentuk panitia inti Krakatau 2 yang kemudian menghasilkan satu kesepakatam mengenai tema Krakatau 2 yaitu “Sinergi Pemuda  demi Terwujudnya Generasi Penerus yang Sportif dan Kreatif”. Latar belakang diambilnya tema ini juga berkaitan dengan wacana menambahkan seminar mengenai olahraga pada rangkaian acara Krakatau 2. Kemudian terbentuklah tim panitia Krakatau pada awal Februari 2018 dan dimulailah penyusunan segala konsep mulai dari seminar, lomba internal, dan eksternal.
Namun, karena beberapa kendala ada beberapa rencana yang akhirnya tidak jadi dilaksanakan yaitu seminar, lomba domino dan karaoke, tentu hal ini sama sekali tidak menyurutkan semangat para panitia untuk terus menyukseskan pelaksanaan Krakatau.
Rangkaian Acara Krakatau dimulai dengan pembukaan pendaftran esai dan puisi pada tanggal 25 Februari, pembukaan pendaftaran lomba futsal pada tanggal 10 Maret dan pembukaan pendaftaran lomba internal pada 20 Maret. Kemudian acara Krakatau dimulai pada tanggal 14 April 2018, dengan pelaksanaan lomba voli di lapangan voli Asrama Mahasiswa Bulaksumur jam 8.00, dengan perolehan juara 1 (angkatan 2013), juara 2 (angkatan 2016), dan juara 3 (angkatan 14).  
Pada tanggal 15 April 2018, dilanjutkan dengan lomba PES 2017 yang dilaksanakan di Sekre FORKOMMI-UGM pada 8.00, dengan perolehan juara 1 (Rusli), juara 2 (Irvan) dan juara 3 (Efri). Rangkaian ini juga diikuti dengan penutupan lomba esai dan puisi pada 19 April 2018, setelah diperpanjang dari sebelumnya hanya sampai tanggal 13 April 2018. Sedangkan untuk lomba futsal sendiri, terdapat 12 tim yang akan bertanding yaitu FORKOMMI A, FORKOMMI B, FORKOMASI A, FORKOMASI B, IMPACT GAMA, ASRAMA MERSI, MARGA SUMUT, IKAMMI UNDIP, IMMAMA YK, B-KLASS, HIMAGAMA SULSEL, dan KEMARIGAMA.
Pertandingan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018, sebagai pembukaan dan babak penyisihan, yang kemudian membawa 8 tim ke babak semifinal yaitu IMPACT GAMA, ASRAMA MERSI, KEMARIGAMA, MARGA SUMUT, FORKOMMI B, FORKOMASI A, B-KLASS, IMMAMA YK. Pada tanggal 22 April 2018 jam 10.00 dimulailah rangkaian pertandingan semifinal yang kemudian berlanjut pada pertandingan final antara B-KLASS dan MARGA SUMUT. Hasil pertandingan futsal ini menjadikan B-KLASS sebagai juara 1, MARGA SUMUT sebagai juara 2 dan FORKOMASI A sebagai juara 3.
Badminton menjadi perlombaan terakhir yang dilaksanakan yaitu pada tanggal 28 April 2018 di lapangan badminton SMPN 1 Yogyakarta, dengan perolehan juara yaitu Tunggal putra 1. Rabil 2. Haikal, Tunggal putri 1. Septi 2. Alloc, Ganda putra 1. Rabil/naufal 2. Haikal/teman. Badminton menjadi lomba penutup, serangkaian perlombaan Krakatau 2 ini.
Setelah semua rangkaian lomba dilaksanakan, baik itu lomba internal, lomba esai puisi dan lomba futsal, maka hasil akhir dari semua ini adalah penutupan acara Krakatau 2 yang dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019 di Gelanggang Mahasiswa, acara dimulai dengan pembukaan dari MC, mengumumkan semua pemenang lomba, penyerahan piala dan sertifikat bagi para pemenang lomba serta yang tak kalah menarik dengan adanya awarding night dengan beberapa kategori dan nominasi yang membuat suasana jadi terkesan akrab dan menyenangkan karena ini membuat para anggota FORKOMMI-UGM menjadi akrab. Acara ditutup dengan foto-foto.





Semoga acara Krakatau tetap menjadi ajang perlombaan yang menunjukkan sebuah sportifitas dalam perlombaan dan pengakraban internal FORKOMMI-UGM sendiri.

Komentar

Postingan Populer