Gadjah Mada Education Roadshow 8

Press Release
DEPARTEMEN HUMAS FORKOMMI-UGM 21 JANUARI 2018

Alhamdulillah telah terlaksana acara penutupan GMERS 8 berupa pengabdian kepada masyarakat di Mentawai pada tanggal 25 - 28 Januari 2018 dengan konsep kegiatan penyuluhan mengenai perkuliahan kepada teman-teman kita di daerah Mentawai. Gadjah Mada Education Roadshow merupakan salah satu rangkaian acara pengabdian FORKOMMI-UGM kepada tanah kelahiran kita, Minangkabau. 

Kegiatan ini dimulai dengan pencarian bakal calon ketua GMERS 8 dimana setiap calon mempresentasikan ide-ide mereka untuk GMERS 8. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 September 2017 dengan nama-nama calon : Fatiatur Rahman, Atha Abbiyu, dan Rully Satria. Setiap calon ketua berusaha untuk meyakinkan para audiens dan para SC guna menarik simpati mereka. Pada tanggal 13 September 2017 terpilihlah Fatiatur Rahman sebagai ketua GMERS 8 dengan harapan agar GMERS 8 bisa melebihi GMERS 7.

Pada tanggal 5 Oktober 2017 dimulai lah seleksi untuk pemilihan panitia GMERS 8 dengan bentuk pendaftaran online. Sehingga pada tanggal 18 November 2017 diadakan sesi wawancara terhadap calon panitia sesuai dengan keinginan mereka. Setelah itu pada tanggal 19 November 2017 hasil wawancara diumumkan dan rapat besar pertama GMERS 8 dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2017. 

Selain pembahasan secara general juga diadakan sesi foto kartu identitas dan foto perdivisi dimana kegiatan foto ini dilaksanakan setelah pembahasan kegiatan GMERS 8. Selain itu juga dibahas tentang daerah-daerah yang akan didatangi oleh para "GMERS Rangers" pada tahun ini "GMERS Rangers" akan mengunjungi 18 kabupaten dan kota.



 Landing Points TO dan Roadshow GMERS 8

      Pada setiap kab/kota para GMERS  Rangers akan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada dengan tujuan memberikan motivasi kepada adek-adek SMA kelas 3 khususnya tentang arti penting kuliah  serta tips dan trik bagaimana memilih jurusan yang sesuai dengan bidangnya. Disini GMERS Rangers juga mengajak adek-adek untuk mengikuti kegiatan Try Out yang akan diadakan di daerah masing-masing dan hasilnya akan diurutkan se-Sumatra Barat sehingga adek-adek bisa mengukur kemampuan mereka untuk menghadapi ujian-ujian masuk universitas. 

Kegiatan mengunjungi sekolah ini diadakan dari tanggal 4 Januari-15 Januari 2018 lalu di lanjutkan dengan pelaksana Try Out di sekolah-sekolah yang telah ditetapkan dimasing-masing kab/kota dengan jumlah peserta soshum sebanyak 1344 dan peserta saintek 2792.

Setelah Roadshow dan Try out kegiatan dilanjutkan dengan Expo pada tanggal 21 Januari 2018. Acara expo dibuka oleh penyambutan dari gubernur Sumatra Barat yang diwakilkan oleh asisten 2 beliau yakni bapak Ir. Syafrudin, setelah itu dilanjutkan motivasi oleh DPA UGM bapak  Joko Sulistyo pada sesi 1. 

Kemudian dilanjutkan dengan motivasi dari salah satu alumni mahasiswa Universitas Indonesia sekaligus pemilik web pulangkampung.com yaitu abang Faldo Maldini yang merupakan salah satu putra terbaik yang berasal dari ranah minang. Acara dilanjutkan dengan kegiatan informal namun sayangnya setelah istirahat makan siang terjadi pemadaman lampu yang berlangsung selama 3 jam sehingga acara pengumuman dan hiburan dari guest star diundur dan acara faculty fair dijadikan pengganti sehingga adek-adek dapat bertanya lebih banyak. 

Akhirnya pada jam 16.00 acara dapat di lanjutkan sesuai dengan jadwal yg ada karena pemadaman sudah berakhir sehingga guest star kita yakni "Kakak Kintani" dapat menghibur kita semua dengan suara indahnya dan kegiatan flasmob bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan pergi ke daerah Mentawai selama 4 hari dari tanggal 25-28 januari 2018, dengan kegiatan presentasi tentang perkuliahan di hadapan teman-teman di Mentawai yang mana daerah ini termasuk kepada daerah 3T. 

Disini para GMERS Ranger juga diajak untuk lebih peduli kepada teman-teman mentawai karena informasi yang di dapat oleh teman-teman di Mentawai hanya sedikit. Dan di Mentawai juga diadakan kegiatan Focus Group Discussion sehingga teman-teman di Mentawai bisa mengetahui lebih banyak hal tentang perkuliahan, jurusan, dan kehidupan perkuliahan. 


GALERI KEGIATAN

Roadshow



EXPO








Pengabdian  Mentawai



Komentar

Postingan Populer