Press Release GMERS7

15 Januari 2017
Press Release


Gadjah Mada Education Roadshow 7
Padiahoyaknyo!!


    Alhamdulillah, puji dan syukur kami ucapkan atas terlaksananya salah satu acara gadang” dari FORKOMMI-UGM yaitu GMERS7 (Gadjah Mada Education Roadshow 7). GMERS adalah acara rutin tiap tahunnya yang diadakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Minang UGM (FORKOMMI-UGM) yang mana terdiri dari tiga rangkaian acara, pertama roadshow ke SMA-SMA di hampir seluruh daerah di Sumatera Barat yang diadakan pada tanggal 20 Desember 2016 - 6 Januari 2017. Kota dan Kabupaten yang menjadi target dari Gmers Rangers (sebutan untuk panitia GMERS) untuk mengadakan roadshow tahun ini adalah Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman Timur, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, dan Kota Sawahlunto. Kedua, pelaksanaan Try Out secara serentak di hampir seluruh wilayah di Sumatera Barat. Yang mana Try Out ini di harapkan dapat menjadikan siswa lebih siap dan lebih termotivasi untuk belajar lebih giat dalam menghadapi SBMPTN. Pelaksanaannya diadakan pada tanggal 8 Januari 2017. Total keseluruhan jumlah peserta TO GMERS7 tahun ini adalah 2435 peserta. Dan yang terakhir, Gama Expo sebagai acara puncak dari GMERS yang diadakan pada tanggal 15 Januari 2017 di Convention Hall UNAND. Total peserta yang hadir hari itu adalah 490 peserta.
      Ketua Panitia GMERS7 Juvem Rahmana Putra menjelaskan, bahwa kegiatan ini memberikan edukasi menyangkut proses perkuliahan serta proses penerimaan mahasiswa baru di UGM. Acara GMERS ini didasari oleh keinginan dari GMERS Rangers untuk menjadikan lebih banyak ‘urang awak’ yang bisa melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan dan menjadikan UGM sebagai salah satu target universitas yang dipilih oleh siswa. Dengan semakin banyaknya alumni dari UGM, diharapkan nantinya dapat membangun SUMBAR ke arah yang lebih baik bahkan dapat mengharumkan nama SUMBAR hingga kancah Internasional. Selain daerah-daerah yang telah disebut diatas tadi, tahun ini GMERS juga mengadakan sosialisasi ke daerah pelosok di Solok Selatan dan Mentawai. Abai dan Siberut merupakan daerah kecil di Solok Selatan dan Kabupaten mentawai. Aksi yang dilakukan oleh GMERS Rangers adalah membagikan buku-buku pelajaran serta bank soal SBMPTN kepada adik-adik SMA disana. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah motivasi anak-anak SMA disana untuk belajar lebih giat dan dapat meraih cita-cita mereka salah satunya dengan dapat duduk di bangku perkuliahan. Berhubung perjalanan menuju lokasi cukup jauh, maka dari itu sosialisasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dari anggota FORKOMMI-UGM yang secara sukarela ingin terlibat di dalamnya. 
                                                      (sosialisasi oleh GMERS Rangers di Mentawai)

( sosialisasi oleh GMERS Rangers di Abai, Solok Selatan)


       Jauh sebelum pelaksanaan acara puncak yang diadakan tanggal 15 Januari 2017, GMERS Rangers telah melakukan persiapan semenjak Oktober 2016. Mulai dari pembentukan panitia Pengurus Harian, oprec anggota, hingga akhirnya bisa melaksanakan rapat perdana yang bertempat di Balairung UGM. Persiapan yang telah dilakukan selama berbulan-bulan tersebut akhirnya terbayar sudah dengan terlaksananya acara puncak yaitu Gama Expo GMERS7 yang sukses dan sangat meriah dengan jumlah peserta yang meningkat dari tahun sebelumnya. 
(rapat besar pertama di Balairung UGM)

       Gama Expo tahun ini dihadiri oleh beberapa pembicara inspiratif dan juga bintang tamu yang luar biasa. Sri Suning Kusumawardani sebagai perwakilan dari DPP UGM dan Muhammad Rizki yang merupakan mahasiswa berprestasi Hukum UGM yang juga seorang putra Minang. Diskusi dengan kedua pembicara tersebut berlangsung seru dan menarik. Peserta yang hadir saat itu terlihat sangat antusias mendengar penjelasan dari pembicara. Selain kedua pembicara yang menginspirasi, “Power GMERS” (sebutan untuk peserta GMERS) juga disuguhi hiburan dari comica asli Minang yaitu Rin Hermana.

(dari kiri - kanan: Ketua GMERS7,pembicara,moderator,Ketua FORKOMMI-UGM)




Tidak hanya mendapat pengetahuan mengenai perkuliahan, peserta yang hadir hari itu juga mendapat pengetahuan mengenai FORKOMMI-UGM dengan penayangan video profil FORKOMMI dan film pendek yang dibuat langsung oleh Tim Kreatif dari GMERS7. Pesan yang ingin disampaikan dari pemutaran video profil dan film pendek tersebut adalah jangan pernah takut untuk merantau dalam menuntun ilmu. FORKOMMI-UGM sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa Minang yang ada di UGM maupun di Kota Yogyakarta secara terbuka akan menyambut mahasiswa baru yang masih dalam tahap perkenalan dengan UGM dan Yogyakarta. Tak hanya itu, FORKOMMI-UGM juga bisa menjadi keluarga di tanah rantau serta menjadi tempat mengadu dalam segala suka dan duka.
Setelah mendapat pengetahuan mengenai perkuliahan dari pembicara yang sangat menginspirasi, di hibur oleh comica ternama Rin Hermana, kemudian pemutaran video profil FORKOMMI dan film pendek, peserta selanjutnya kembali mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai fakultas dan jurusan yang ada di UGM melalui Faculty Fair dan Parade Fakultas. Rangakaian acara ini selalu di tunggu-tunggu oleh peserta di pelaksanaan GMERS tiap tahunnya. Mengapa? Faculty Fair dan Parade Fakultas sangat memungkinkan peserta untuk bertanya sepuasnya mengenai fakultas atau jurusan apa yang ia minati di UGM kepada kakak-kakak dan abang-abang panitia yang tentunya sudah cukup pengalaman. Waktu yang diberikan untuk sesi ini pun cukup lama yaitu 1.5 jam, lebih lama dari tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan karena melihat antusiasme peserta tiap tahunnya yang meningkat. Total ada 18 fakultas ditambah 1 sekolah vokasi yang mana masing-masing diantaranya memiliki stand tersendiri. Sedangkan untuk parade fakultas, masing-masing fakultas dan sekolah vokasi diberi kesempatan untuk memparadekan fakultasnya di depan panggung. Parade fakultas sendiri baru pertama kali dilaksanakan pada GMERS tahun ini. Tidak hanya peserta yang antusias dalam faculty fair dan parade fakultas saat itu, namun panitia GMERS7 seluruhnya turut antusias dan dengan semangat penuh memberikan yang terbaik untuk calon Gadjah Mada Muda 2017 yang hadir saat itu.
Rangkaian acara terus berlangsung. Berbagai informasi dan hiburan terus diberikan kepada peserta hingga ke penghujung acara. Pada penutupan acara tahun ini, GMERS Rangers melakukan inovasi yang berbeda dari tahun lalu, yaitu melakukan flashmob yang diikuti oleh panitia dan peserta Gama Expo. Keseruan terlihat dari banyaknya peserta yang turut mengikuti gerakan dari panitia yag berada di depan panggung. Dengan selesainya musik pengiring flashmob, maka selesai pula lah rangkaian acara GMERS7 tahun ini. MC mewakili seluruh panitia mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta GMERS7 (Power GMERS) yang turut memeriahkan acara puncak GMERS7 tahun ini. Semoga dengan berakhirnya acara ini, dapat menambah motivasi dari peserta untuk terus berjuang agar bisa menjadi Gadjah Mada Muda 2017. Dan untuk seluruh panitia GMERS7 (GMERS Rangers) dengan selesainya acara GMERS tahun ini semoga tidak memutus hubungan persahabatan, kekompakan, dan kekeluargaan yang sudah terjalin jauh sebelum ini. Semoga hubungan kita (panitia) sebagai sesama anggota FORKOMMI-UGM bisa semakin kuat kedepannya. Aamiin.

FORKOMMI.. JAYA!!
GMERS7.. Padiahoyaknyo!!
#yakaligakkuy


(keseruan flashmob sebagai penutup acara GMERS7 tahun ini)


Komentar

Postingan Populer