Limbago Adaik "marantau"

19 Juli 2016


-Limbago Adaik-

oleh : Feky Herman

"Karakok madang dihulu
Babuah babungo balun
Marantau bujang dahulu
Dirumah paguno balun
"


Artinya:Pergilah merantau ke negeri orang,baik untuk mencari ilmu,maupun mencari penghidupan yang layak.Kemudian bawalah hasil yang diperoleh dari rantau untuk dikembangkan di kampung halaman.

Di zaman sekarang, masyarakat Indonesia sudah familiar sekali dengan istilah merantau,namun jika ditelisik,merantau identik sekali dengan orang Minangkabau.Karena istilah merantau itu pun berasal dari bahasa minang "rantau" yang berarti,daerah diluar wilayah inti minangkabau.Wilayah inti Minangkabau juga dikenal dengan "darek"(darat) / Luhak Nan Tigo,yakni Luhak Tanah Datar,Luhak Agam,dan Luhak Limo Puluah Koto.
Dahulunya wilayah rantau orang minang terbatas pada daerah rantau masing-masing luhak.Namun sekarang wilayah rantau orang minang bisa dikatakan seluruh dunia,karena hampir di setiap negara di dunia ini ada orang minang.
Hal ini dapat kita lihat dari menjamurnya rumah makan padang di seantero negeri.
Migrasi orang minang dari wilayah inti ke wilayah luar inilah yg kemudian dikenal sebagai merantau.

Tujuan merantau/ bermigrasinya orang minang dari wilayah "darek" ke daerah luar diantaranya untuk menuntut ilmu,dan mencari penghidupan yang layak.

Sebagai seorang generasi penerus ,kita para pemuda dan pemudi minang diharapkan dapat memiliki ilmu setinggi mungkin ,memiliki penghidupan yang mapan dan pemikiran yang luas dan kritis.Dengan demikian kita dapat membangun kampung,dan menjadi seorang yang bermanfaat di tengah masyarakat baik dengan ilmu yang kita miliki maupun materi yang kita punya.
Salah satu cara untuk memperoleh ketiga hal tersebut adalah dengan merantau.Karena itulah kita para generasi muda minang harus merantau.

Semoga budaya dan semangat merantau ini selalu berkobar di dalam hati dan jiwa kita orang minang.

Departemen Akademik
#AkademikTagok#ForkommiJAYA 

Komentar

  1. Gagah tulisanyo, saran untuk admin jan lupo utk pantun pakai italic (ctrl +I) samo paragrafnyo dirapikan jo justify (ctrl + J). Salabiahnyo mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke Uda pinto, kedepannyo untuak redaksi penulisan akan diperbaiki baliak.. tarimo kasih atas saran jo kritiknyo.. :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer