Adat Pernikahan Minangkabau


Adat Pernikahan Minangkabau
Limbago Adaik
Departemen Akademik FORKOMMI - UGM
Oleh : Nabila Puteri

Sumber photo : www.google.com

Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku dengan keunikan budayanya sendiri. Salah satu suku yang ada adalah Minangkabau. Minangkabau merupakan suku yang berada di daerah Sumatera Barat dimana masyarakat minang masih menjunjung tinggi adat istiadat disana, termasuk salah satunya ialah adat istiadat pernikahan.
Sepengetahuan banyak orang apabila akan melakukan pernikahan, pihak dari pria lah yang melakukan lamaran kepada sang wanita, namun berbeda dengan yang ada di Minangkabau, bagaimanakah prosesi pernikah dalam adat ini?
Hal pertama yang dilakukan adalah Maminang dan Manimbang Tando, Disini keluarga dari calon wanita datang ke kediaman keluarga pria memberikan suatu hal sebagai tanda pengikat bahwa mereka ingin menikahkan anak perempuannya dengan sang pria, disaat ini juga dilakukan perumusasn hari dan tanggal pernikahan.  Selanjutnya adalah Mahanta Siriah/Minta izin, kedua belah pihak menemui keluarga dari ayah masing-masing yang disebut Bako, Datang dengan membawa  siriah dan meminta restu. Kemudian Babako-babaki dimana keluarga dari pihak ayah wanita datang memberikan bantuan dalam bentuk dana dan barang-barang yang diperlukan dalam pernikahan. Semalam sebelum pernikahan dilaksanakanlah malam bainai, disini calon pengantin wanita di hiasi tangan dan kakinya nya dengan tumbukan halus daun pacar merah, calon pengantin wanita ditemani oleh para teman-temannya dan diiringi musik tradisional. Pada hari H pernikahan, dilaksanakanlah Manjapuik Marapulai, yaitu penjemputan calon pengantin pria untuk melangsukan akad nikah dirumah calon pengantin wanita, disini juga pengantin pria diberikan gelar pusaka oleh keluarga pengantin wanita sebagai tanda bahwa dia diterima di keluarga wanita dan akan menjadi pemimpin keluarga baru, lalu rombongan menuju rumah pengantin wanita, saat inilah dilakukan penyambutan dengan musik, tari-tarian, kemudian melakukan akad nikah dilanjutkan dengan makan bersama, hal ini dinamakan Baralek atau biasa di sebut pesta pernikahan.

Komentar

Postingan Populer